Kumpulan Artikel

Manfaat JSJ Bagi Pasien Kanker Payudara, Pasien Bedah & yang dirawat di ICU, serta Pasien Transplantasi Jantung

Berikut ini adalah cuplikan artikel yang dilaporkan dan ditulis oleh Pennie Sempell, JD, CMT seorang praktisi terapi terintegrasi (Jin Shin Jyutsu, therapeutic massage dan hypnotherapy). Beliau juga memberikan terapi bagi pasien/ klien yang mendapat rujukan dari dokter ataupun psikolog, baik di rumah sakit maupun yang sedang menjalani rawat jalan. Pennie juga seorang periset di California Pacific Medical Center (CPMC) di San Fransisco, USA, dimana beliau terlibat langsung dalam pengaplikasian Jin Shin Jyutsu di CPMC khususnya terhadap pasien kanker payudara yang sedang menjalani kemoterapi:

Dua tahun yang lalu saya bersama dengan Ricki Pollycove, MD, (dokter ginekolog), Loren Eskenazi, MD dan Kay Young, MD (dokter bedah plastik/ rekonstruksi) pertama kali mulai mengaplikasikan beberapa terapi penyembuhan terintegrasi kepada para pasien di California Pacific Medical Center (CPMC). Adapun beberapa jenis terapi yang diberikan antara lain seni penyembuhan dari Jepang yaitu Jin Shin Jyutsu, terapi visual, hypnotherapy, terapi pijat dan psikoterapi.

Di CPMC, terapi Jin Shin Jyutsu dan latihan untuk diri sendiri diberikan kepada para pasien baik yang hanya menjalani rawat inap tanpa operasi maupun yang telah menjalani operasi bedah. Keluhan yang dialami oleh para pasien bermacam-macam dari mulai kelelahan (fatigue), nyeri kronis maupun akut, kegelisahan (anxiety), mual-mual, stress, gangguan pernafasan, susah tidur (insomnia), disfungsi seksual dan gangguan organ reproduksi wanita, ganggauan di jantung, komplikasi pasca operasi dan dampak negatif dari penggunaan obat-obatan (mis. Anastesi, kemoterapi, radiasi dan obat anti-depresan)

MANFAAT BAGI PASIEN KANKER PAYUDARA

Beberapa pusat kesehatan telah menerapkan terapi dengan sentuhan secara terintegrasi di sebagian besar pasiennya. Sebagai contoh Marin Oncology Associates menyediakan fasilitas onkologi terintegrasi dimana Jin Shin Jyutsu adalah salah satu jenis terapi terintegrasi andalan untuk membantu para pasien kanker.

Menurut laporan riset yang dilakukan oleh Complementary Medicine Research Institute di CPMC diperoleh hasil bahwa pemberian terapi Jin Shin Jyutsu kepada para pasien kanker payudara yang menjalani kemoterapi terbukti mampu mengurangi kelelahan (fatigue), mual dan memperbaiki kondisi kesehatan pasien secara keseluruhan selama dilakukan kemoterapi.

MANFAAT BAGI PASIEN BEDAH DAN INTENSIVE CARE UNIT (ICU)
Pasien bedah sangat disarankan untuk menerima minimum 3 kali terapi beberapa waktu menjelang dilakukannya operasi dengan tambahan beberapa kali terapi pada saat pemulihan pasca operasi. Para dokter bedah melaporkan bahwa pasien yang menerima terapi Jin Shin Jyutsu pra-operasi cenderung lebih rileks dan tenang dalam menghadapi operasi yang akan dilakukan dan selama pasca operasi mereka tidak mengalami mual yang berlebihan dan mampu pulih lebih cepat dari yang diperkirakan.

Pada pasien di ICU dimana sebagian besar dalam kondisi kritis, gelisah dan lemah, terapi Jin Shin Jyutsu singkat selama 15-20 menit sangat direkomendasikan dan mampu membantu meningkatkan kondisi keseluruhan si pasien.

MANFAAT BAGI PASIEN TRANSPLANTASI JANTUNG
Program percobaan di California Pacific Medical Center di San Francisco, tempat dimana saya juga ikut berpartisipasi di sana selama dua tahun dengan menyediakan terapi Jin Shin Jyutsu kepada para pasien transplantasi jantung.

Beberapa pasien yang menjalani transplantasi jantung mengalami manfaat yang sangat berarti dari terapi Jin Shin Jyutsu (sekali atau dua kai seminggu selama dirawat di rumah sakit). Diantara kondisi yang dilaporkan adalah :
– membantu untuk mengurangi rasa sakit/ nyeri
– mengurangi kegelisahan dan depresi
– membantu untuk rileks yang dalam
– membantu fungsi pencernaan
– mengurangi ketidaknyamanan fisik
– memperbaiki mood/ emosi
– tidur lebih nyenyak di malam hari


KISAH ”DARLENE”

Seorang pasien bernama ”Darlene” telah mengizinkan saya untuk menceritakan kisahnya dengan niatan agar kisah ini mampu untuk memberikan pengetahuan kepada orang lain untuk meringkankan penderitaan yang sedang dialami dalam proses penyembuhan dan meningkatkan kematangan pribadi dengan integrasi dari terapi sentuhan yang ampuh ini.

Menanggapi permohonan dari Care Unit di California Pacific Medical Center, San Francisco (afiliasi dari Institute for Health and Healing) telah meminta kesediaan saya untuk meberikan pelayanan Jin Shin Jyutsu dibawah program percobaan kepada Darlene dan beberapa pasien transplantasi.

Darlene, 59 tahun pada saat masuk ke rumah sakit, memiliki riwayat gangguan jantung yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Dia menjalani operasi jantung pada tahun 1996 yang tidak berjalan dengan baik untuk mengatasi keluhan yang dimiliki. Karena tidak mampu untuk menjalani perawatan di rumah, maka Darlene masuk ke rumah sakit lagi untuk menjalani perawatan selama beberapa bulan. Seperti halnya yang lain, Darlene adalah seseorang yang agak skeptis apakah Jin Shin Jyutsu mungkin untuk meredakan berbagai ketidaknyamanan termasuk depresi dan rasa sakit yang dirasakan olehnya.

Selama beberapa bulan, Darlene menjalani Jin Shin Jyutsu sebanyak dua kali dalam seminggu dan dia juga mempraktekkan Jin Shin Jyutsu untuk Diri Sendiri sehari-hari. Dampak yang dia rasakan hampir seketika.

Diantara dampak yang dia rasakan adalah sebagai berikut :

  • mengurangi kegelisahan
  • secara signifikan mengurangi rasa sakit di kaki (yang disebabkan oleh lamanya terapi neuropathy)
  • mampu untuk rileks lebih dalam
  • memperbaiki fungsi pencernaan
  • mengurangi ketidaknyamanan di tubuh
  • memperbaiki ”mood”
  • tidur lebih nyenyak di malam hari
Jika pada saat saya pertama kali bertemu dengan Darlene rasa sakit dan tidak nyaman sedang dia alami, Darlene merasakan bahwa setelah beberapa kali mendapatkan sesi Jin Shin Jyutsu, rasa sakit dan ketegangan yang dia rasakan di tubuhnya banyak sekali berkurang. Seringkali Darlene tertidur pulas saat sesi Jin Shin Jyutsu.
Setelah 12 bulan menunggu donor jantung, Darlene memperoleh kabar gembira bahwa jantung telah tersedia dan siap untuk menjalani operasi transplantasi. Saya dimohon untuk memberikan sesi Jin Shin Jyutsu pada Darlene sebagai persiapan dia menjalani operasi.

Setiap tahap persiapan yang beberapa diantaranya sangat menyakitkan yang dialami oleh Darlene tahun 1996, saat operasi kali sangat berkurang dan berjalan dengan lancar. Dari laporan yang diberikan oleh perawat, ternyata Darlene tidak lagi memerlukan obat penenang dalam persiapan kali ini. Tekanan di dalam paru-paru menunjukkan angka yang sangat baik sebagai syarat untuk bisa menjalankan operasi. Darlene sendiri heran bahwa dia merasa sangat tenang, sampai-sampai dia menyebut dirinya ”sedingin mentimun”. Situasi ini sangat berbeda pada saat dia menjalani operasi sebelumnya.

Darlene menjalani operasi transplantasi jantung dan ini merupakan operasinya yang kedua selama 12 jam. 36 jam kemudian Darlene sudah diperbolehkan mengkonsumsi makanan yang tidak terlalu lunak. Saya memberikan sesi Jin Shin Jyutsu sejak dia sudah berada di ruangan pemulihan dan setelah itu setiap hari selama dirawat di rumah sakit. Darlene mengalami pemulihan yang sangat baik selama beberapa minggu. Akan tetapi, pihak rumah sakit ternyata menemukan infeksi dibawah tulang dada dan diperlukan operasi untuk membersihkan infeksi tersebut.

Terlepas dari kurang dari 3 kali operasi dalam kurun waktu 4 minggu, Darlene diperbolehkan kembali ke rumah setelah 6 minggu. Darlene sangat memperoleh manfaat baik dari sisi fisik maupun psikologis selama dirawat di rumah sakit dan pemulihan operasi tetapi juga membantu untuk pertumbuhan spiritual dan kesadaran akan diri sendiri.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s